FAMILY

Moms… Jangan Ragu Ajak Anak Bermain di Luar Ruangan, ini Manfaatnya

 

TRENWANITA.COM — Dunia  anak adalah dunia bermain. Karena itu sudah seyogyanya orang tua sering mengajak anaknya bermain, terutama bermain di luar ruangan.

Bukan tanpa alasan, mengajak Anak main di luar ruangan sangat penting bagi tumbuh kembang anak. Apalagi saat ini sudah banyak game digital atau gadget yang akhirnya membuat si kecil malas bergerak, demikian yang dikemukakan Marketing Manager ELC Indonesia, Abi Shihab.

Pendapat senada dikemukakan pula oleh dokter konsultan tumbuh kembang anak, dr. Bernie Endyarbi Medise, SpA(K), MPH. Ia mengungkap main di luar rumah merupakan tempat terbaik bagi anak-anak prasekolah untuk berlatih dan menguasai keterampilan fisik mereka.

Di luar rumah pula, anak-anak dapat secara bebas menggali keterampilan motorik, seperti berlari ataupun melompat.

Lihat Juga  Figur Wanita Tangguh Ahli Ibadah Wajib Diteladani

“Bermain, khususnya di luar ruangan ini juga membantu perkembangan otak anak. Mereka paham mengenai konsep problem solving. Tak hanya itu, bermain di luar ruangan dengan aktif juga membuat fungsi tubuhnya lebih baik. Melatih jantung dan kardiovaskular, respirasi otot, hingga melatih semuanya. Mulai dari motor kasar, motor halus, bahasa personal dan sosial,” ungkap dr. Bernie seperti dilansir Suara pada Rabu (1/8/2018) di Jakarta.

Bukan cuma itu, sambung Bernie, bermain di luar ruangan juga melatih berbagai konsep, mulai dari ukuran, warna, hingga bentuk dan memgenalkan mereka pada alam. Melalui bermain, anak juga bisa memiliki kreatifitas dan konsentrasi yang lebih baik untuk mempersiapkan dan akan berguna pada saat mereka bersekolah.

Lihat Juga  Ini yang Pertama Dinilai Wanita Dari Pria

Mereka juga bisa bersikap kooperatif, melatih kepatuhan dan kontrol diri.

“Untuk orangtua, mengajak anak bermain di luar ruangan juga membantu mereka lebih mengenal lagi karakter anaknya. Apakah anaknya tipe kinestetik yang lari sana sini, senang main di luar. Ada yang sukanya main di dalam aja nggak mau kompetitif, sehingga orangtua bisa memperlakukan anak dengan tepat dan tentunya kegiatan ini juga meningkatkan bonding orangtua dan anak,” terangnya merinci tentang manfaat orangtua sering mengajak anak main di luar ruangan. [*/SUMBER: SUARA]

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close